TIPS PERSIAPAN DOKTER PTT SEBELUM BERANGKAT


Setelah mendapatkan pengarahan tentang mekanisme pemberangkatan, ada baiknya sejawat mempersiapkan hal-hal yang sekiranya perlu dibawa selama bertugas. Ada beberapa pertimbangan mengenai barang-barang yang perlu dibawa saat bertugas, antara lain:
Tempat Penugasan
Tempat penugasan sangat berpengaruh terhadap bekal yang musti sejawat bawa. Sekiranya sejawat ditempatkan di Indonesia bagian barat, tentu lebih mudah mencari barang-barang kebutuhan dibandingkan ketika sejawat ditugaskan di Indonesia bagian timur. Untuk Indonesia bagian tengah (termasuk Kalimantan) saat ini tidak terlalu sulit mendapatkan barang-barang kebutuhan sehari-hari.
Selain itu sejawat musti tahu apakah tempat penugasan sejawat merupakan kepulauan atau daerah yang menggunakan air sebagai transportasi utama, hal ini sangat berpengaruh terhadap mobilitas sejawat bila dibandingkan dengan daratan sekalipun jalannya jelek.
Kriteria Penempatan
Sejawat yang mendapat kiteria Terpencil (T) setidaknya lebih mudah mencapai kota kabupaten ataupun kota provinsi dibandingkan dengan yang mendapat criteria Sangat Terpencil (ST), walau dibeberapa daerah terkadang Kriteria ST lebih mudah mendapatkan akses ke pusat kota
Lama Penugasan
Berapa lama rencana sejawat akan bertugas di tempat tersebut juga menjadi pertimbangan tersendiri, karena untuk menghemat pengeluaran ada baiknya sejawat membawa sendiri barang-barang  yang mungkin sulit didapat di tempat tugas sejawat nanti.
Adapun barang-barang yang sebaiknya Sejawat bawa adalah sebagai berikut:
Jas Dokter
Karena profesi kita menjadi sangat langka tentunya akan susah juga mencari penjual jas dokter, kecuali sejawat mau jahit di penjahit hehe
Pakaian
Bawa pakain secukupnya, terutama pakaian formal. Apalagi sejawat yang suka fashion branded, ada baiknya sejawat bawa dari rumah aja ok….termasuk disini tas, sepatu dan sandal
Alat Kesehatan
Alkes yang perlu sejawat bawa adalah yang dibutuhkan sehari-hari, seperti stetoskop, tensi, thermometer. Apalagi ketika sejawat berencana membuka praktek pribadi, minor set juga sangat dibutuhkan. Untuk obat, ada baiknya sejawat tanyakan pada senior yang sudah bertugas disana. Apakah ada pusat penjualan obat yang bisa diakses. Pengalaman penulis untuk Kalimantan selatan, pasar baru kujanjing memberikan penawaran yang tak kalah dibandingkan jalan pramuka Jakarta.
Alat Penerangan
Sekiranya perlu mebawa senter atau emergency lamp yang portable, terutama daerah-daerah yang tidak mendapat pasokan listrik terbatas.
Elektronik dan Gadget
Untuk HP dan chargernya adalah barang wajib, sekalipun disana tidak ada sinyal. Sedangkan laptop bisa menjadi sebuah pilihan. Pengalaman di Kalimantan, banyak temen2x yang berlangganan Speedy dirumah dinas. Jadi bisa eksis walo ditengah hutan xixi
Rekening Bank
Mulai tahun 2012 kemarin, pembayaran gaji PTT sepenuhnya ditransfer ke BRI. Dan hampir bisa dipastikan saat ini setiap kota kabupaten punya ATM BRI. Klo terpaksa malas Antri di BRI, pertimbangkan buka rekening SharE di Muamalat atau BTN karena bisa diakses dikantor pos yang berlogo.
Mungkin itu yang pokok untuk sejawat persiapkan. Untuk kebutuhan lain bisa disesuaikan dengan pribadi masing-masing. Silahkan bisa ditanggapi melalui koment dibawah.
Alat paling lucu yang pernah dibawa dokter PTT yang saya temui adalah antenna (klo bisa dibilang parabola) TV berlangganan Indovision!! Gile bener…g mau ketinggalan siaran infotainment kali ya xixixi

Anda sedang membaca artikel tentang TIPS PERSIAPAN DOKTER PTT SEBELUM BERANGKAT dan anda bisa menemukan artikel TIPS PERSIAPAN DOKTER PTT SEBELUM BERANGKAT ini dengan url http://blog-dokter-ptt.blogspot.com/2012/09/tips-persiapan-dokter-ptt-sebelum.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel TIPS PERSIAPAN DOKTER PTT SEBELUM BERANGKAT ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link TIPS PERSIAPAN DOKTER PTT SEBELUM BERANGKAT sebagai sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar